Rapimnas ALSA 2017

Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) adalah forum ALSA Indonesia yang dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Local Chapter dan National Board untuk membahas hal-hal yang sekiranya penting untuk ALSA Indonesia dan diselenggarakan biasanya sekali dalam setahun di tempat Local Chapter dimana Presiden ALSA Indonesia berasal. Tahun ini, Rapimnas 2017 diselenggarakan pada tanggal 12 sampai dengan 14 Mei 2017 oleh ALSA Local Chapter Universitas Airlangga di Surabaya sebagai Local Chapter asal Presiden ALSA Indonesia saat ini.

Rangkaian acara Rapimnas 2017 dimulai dengan pembukaan, dimana pada acara pembukaan tersebut terdapat kegiatan-kegiatan antara lain penyematan pin yang dilanjutkan dengan talkshow dengan tema “A Servant Leadership” yang dibawakan oleh Ibu Jani Purnawanty, S.H., S.S., LL.M.

 

Setelah pembukaan, maka acara Rapimnas 2017 dilanjutkan dengan sidang. Sidang Rapimnas 2017 dimulai dengan pembahasan Agenda terlebih dahulu. Setelah agenda sidang disepakati, maka sidang dilanjutkan dengan Sidang Pleno I yang membahas Tata Tertib, Laporan Kinerja National Board sampai dengan Rapimnas 2017, dan dilanjutkan dengan pemaparan Laporan Triwulan dari bulan Maret – Mei oleh Local Chapter. Setelah Sidang Pleno I selesai, maka agenda dilanjutkan dengan Sidang Pleno II.

 

Sidang Pleno II terdiri dari agenda berupa Progress Report persiapan acara nasional oleh masing-masing Local Chapter yang mengambil acara nasional (Seminar dan Workshop Nasional 2017 oleh ALSA LC Universitas Jember, Pra-Musyawarah Nasional dan ALSA Leadership Training XXIV oleh ALSA LC Universitas Airlangga, Kompetisi Peradilan Semu Pidana Piala Mahkamah Agung XXI oleh ALSA LC Universitas Sriwijaya, dan Seminar dan Musyawarah Nasional XXV oleh ALSA LC Universitas Udayana). Agenda terakhir dalam Sidang Pleno II adalah pembahasan dan penegsahan seluruh program kerja ALSA Indonesia periode 2017-2018. Adapun program-program National Board tahun ini antara lain:

Secretary General

  1. Secretary Meeting

  2. Secretary General’s Awarding

  3. ALSA Indonesia Signature

  4. Pemutakhiran History of ALSA

  5. ALSA Drive

Coordinator of Information, Communication, and Technology

  1. ALSA Feed

  2. ALSA Indonesia Magazine

  3. Website

  4. ALSA Video

  5. Asistensi ICT

Vice President of Internal Affairs

  1. ALSA Indonesia Breakfasting, Charity, and Anniversary Day

  2. ALSA Indonesia Reunion

  3. ALSA Golden Ticket (Acara Nasional)

  4. Integrasi Alumni Local Chapter

  5. Chatting Nasional

  6. Evaluasi National Board

Vice President of External Affairs

  1. Perluasan Jaringan

  2. Partnership

  3. ALSA Golden Ticket (Acara Internasional)

  4. ALSA Indonesia Study Trip

  5. ALSA Care & Legal Coaching Clinic (ALSA CLCC)

  6. National Board Reaching Out Program

  7. ALSA Indonesia Online Job Expo

Vice President of Academic Activities & Training

  1. ALSA Indonesia Legal Opinion (AILO)

  2. ALSA Online Chat Discussion

  3. ALSA Legal Training & Workshop (AILTW)

  4. ALSA Indonesia Legal Review Competition (AILRC)

  5. ALSA Indonesia Law Journal

  6. ALSA Indonesia Library

  7. Academic Officer Meeting

  8. ALSA Study Book

Vice President of Financial Affairs

  1. Sponsorship & Donation Project

  2. Merchandise Project

  3. SATU ALSA

  4. Pengintegrasian Funding

Selanjutnya, agenda Rapimnas 2017 dilanjutkan dengan Sidang Pleno III yang terdiri dari 3 (tiga) pembahasan,  yaitu penetapan Tender Seminar dan Workshop Nasional 2018 (yang kemudian didapatkan oleh ALSA LC Universitas Hassanuddin) dan penetapan Tender Pra-Musyawarah Nasional dan ALSA Leadership Training XXV (yang kemudian didapatkan oleh ALSA LC Universitas Syiah Kuala), dan mengenai moratorium calon peninjau ALSA Indonesia (dimana dalam Rapimnas 2017, disepakati bahwa ALSA Indonesia tidak akan menerima peninjau lagi sampai dengan Semunas XXV di Bali nanti).

 

Setelah Sidang Pleno III selesai, maka sidang dilanjutnya ke agenda Sidang Pleno IV, yaitu sidang untuk melakukan Fit and Proper Test bakal calon International Board ALSA periode 2017-2018 dari ALSA Indonesia. Dalam Rapimnas 2017, terdapat 2 (dua) bakal calon yang diuji kelayakan dan kepatutannya, yaitu Goldie Natasya dari ALSA LC Universitas Brawijaya sebagai calon Vice President of Public Relations and Marketing of ALSA International dan Nadia Geraldine Suryana dari ALSA LC Universitas Indonesia sebagai calon Secretary General of ALSA International. Kedua calon tersebut kemudian diloloskan oleh forum Rapimnas 2017.

 

Agenda berikutnya setelah Sidang Pleno IV dilanjutkan dengan pengumuman-pengumuman, penandatanganan hasil ketetapan Rapimnas 2017 tersebut, dan kemudian Rapimnas 2017 pun langsung ditutup oleh National Board selaku Presidium Sidang.

 

Dengan ditutupnya Rapimnas 2017 tersebut, maka berakhirlah seluruh rangkaian acara Rapimnas 2017.  Namun demikian, Panitia Rapimnas 2017 masih menyediakan acara “tambahan” berupa makan bersama di suatu tempat makan di Surabaya. Namun demikian, acara ini tidak bersifat wajib dan bukan merupakan rangkaian acara Rapimnas. Yang terpenting dari Rapimnas 2017 tersebut, hasil-hasil yang ditetapkan dalam Rapimnas 2017 inilah yang menjadi pedoman kepengurusan ALSA Indonesia periode 2017-2018 yang terus berlaku sampai dengan Seminar dan Musyawarah Nasional XXV di Bali nanti.

 

Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

  • Facebook - White Circle
  • YouTube - White Circle
  • Instagram - White Circle
logo-UGM putih.png

 

Copyright © 2019 Asian Law Students' Association Local Chapter Universitas Gadjah Mada

All other trademarks are the trademarks of their respective owners.

v3.3.1, April 2019. All Rights Reserved. All Systems Operational.