Rapat Pimpinan Nasional ALSA 2020

 

Rapat Pimpinan Nasional merupakan forum ALSA Indonesia yang diselenggarakan setahun sekali setelah terpilihnya Presiden ALSA Indonesia di forum Seminar dan Musyawarah Nasional. Rapat Pimpinan Nasional atau secara akrab dikenal sebagai Rapimnas dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing 14 Local Chapter (yang berjumlah tiga orang perwakilan) dan National Board untuk membahas hal-hal yang bersifat krusial untuk ALSA Indonesia, baik itu program kerja, SOP National Board, maupun timeline kerja ALSA Indonesia. Tahun ini, Rapimnas 2020 diselenggarakan dari tanggal 9 sampai dengan 10 Mei 2020 oleh ALSA Local Chapter Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, yang merupakan Local Chapter dari Khalifah Al-Kays Yusuf selaku Presiden ALSA Indonesia periode 2020-2021. Namun, demi menerapkan sikap serta peraturan terkait social distancing di tengah pandemi COVID-19, maka Rapimnas 2020 diselenggarakan dengan metode daring melalui aplikasi Zoom. 

 

Rangkaian acara Rapimnas 2020 dimulai dengan pembukaan, dimana pada acara pembukaan tersebut terdapat kegiatan-kegiatan antara lain pengkondisian forum, dimana masing-masing delegasi memperkenalkan diri. Setelah agenda pengkondisian sidang, sidang Rapimnas 2020 dimulai dengan pembahasan agenda terlebih dahulu. Agenda sidang yang telah disepakati terdiri dari:  

  1. Pembahasan dan penetapan Rencana Strategis ALSA Indonesia;

  2. Pembahasan dan pengesahan program kerja ALSA Indonesia, presentasi National Board ALSA Indonesia periode 2020-2021, bersertakan sesi tanya jawab;

  3. Pembahasan dan penetapan SOP National Board ALSA Indonesia periode 2020-2021;

  4. Pembahasan dan penetapan timeline kerja National Board ALSA Indonesia periode 2020-2021;

  5. Pembahasan dan penetapan iuran Local Chapter;

  6. Pembahasan moratorium ALSA Indonesia; dan 

  7. Pengumuman.

 

Setelah agenda sidang disepakati, maka sidang dilanjutkan dengan Sidang Pleno I yang membahas tata tertib dan Rencana Strategis ALSA Indonesia, dan dilanjutkan dengan pemaparan National Board terkait program kerja ALSA Indonesia periode 2020-2021 serta penetapan SOP National Board ALSA Indonesia periode 2020-2021. Setelah Sidang Pleno I selesai, maka agenda dilanjutkan dengan Sidang Pleno II. 

 

Sidang Pleno II terdiri dari lanjutan agenda yang telah ditetapkan pada hari sebelumnya yang dimulai dengan pembahasan dan penetapan timeline kerja National Board ALSA Indonesia periode 2020-2021, dilanjutkan dengan pembahasan dan penetapan iuran Local Chapter, serta pembahasan moratorium ALSA Indonesia. 


Setelah Sidang Pleno II ditutup, maka kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan hasil ketetapan Rapimnas 2020 secara daring, pengumuman serta perpisahan dari berbagai Local Chapter seperti ALSA LC Unsri dan ALSA LC Unand yang dalam waktu dekat akan melakukan Musyawarah Lokal masing-masing, serta dengan sesi foto online. Kemudian, Rapimnas 2020 pun langsung ditutup oleh National Board selaku Presidium Sidang. Dengan ditutupnya Rapimnas 2020, maka berakhirlah seluruh rangkaian dari acara nasional pertama dalam sejarah ALSA Indonesia yang dilaksanakan secara daring.

Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

  • Facebook - White Circle
  • YouTube - White Circle
  • Instagram - White Circle
logo-UGM putih.png

 

Copyright © 2019 Asian Law Students' Association Local Chapter Universitas Gadjah Mada

All other trademarks are the trademarks of their respective owners.

v3.3.1, April 2019. All Rights Reserved. All Systems Operational.