THE BOARD

WORK PROGRAMS & FUNCTIONS

 

ALSA Legal Discussion

Merupakan kegiatan dikusi hukum terkait suatu topik yang sedang hangat dengan mengundang narasumber yang sesuai. Peserta juga tidak terbatas hanya untuk Mahasiswa Fakultas Hukum UGM saja, tetapi terbuka untuk umum. Harapannya, bisa mendorong masyarakat agar bisa objektif dalam menanggapi kasus-kasus hukum di Indonesia.

ALSA Seminar & Workshop

Program kerja yang mana peserta dari acara ini, yang mana mahasiswa fakultas hukum dan masyarakat umum yang berlatarbelakang hukum, akan mengikuti sesi seminar serta workshop yang diisi oleh pemateri yang relevan baik dari sisi akademisi maupun praktisi. Seminar & Workshop ini merupakan kegiatan yang diperbaharui konsepnya dari acara ALSA LC UGM sebelumnya mengenai workshop, yaitu ALSA Legal Workshop.

 

ALSA Legal Visit

 

Merupakan program kerja yang bekerjasama dengan divisi External Affairs, yang berkonsep melakukan kunjungan ke instansi tertentu yang tentunya berkaitan dengan hukum,  dan berdiskusi serta meminta instansi terkait untuk memberikan penyuluhan hukum yang sesuai dengan apa yang mereka kerjakan sehari-hari.

ALSA National Video Conference

Merupakan kegiatan kolaborasi antara ALSA LC UGM dengan Local Chapter lain yang bersedia untuk bekerja sama, dengan tujuan untuk mendapat materi dari pemateri, bertukar pikiran tentang materi yang dibahas, serta mempererat tali silaturahmi antar Local Chapter.

ALSA Legal Class

ALSA Legal Class adalah wadah untuk membahas mengenai permasalahn hukum tertentu diisi oleh pemateri yang relevan, dan peserta diajak untuk membuat legal opinion terkait suatu kasus yang konkrit. Pada kegiatan ini, peserta juga diajak untuk berdiskusi guna memberikan pandangan masing-masing terhadap topik yang diangkat pada Legal Class ini.

ALSA Legal Assistance

Platform bagi masyarakat umum untuk mengajukan pertanyaan terkait permasalahan hukum yang mereka hadapi dan memberikan solusi dalam bentuk menjawab pertanyaan mereka dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman hukum masyarakat terhadap isu tertentu.

Know Your Rights 

Suatu kolaborasi dengan Multimedia dan English Development Division, yang menyediakan suatu media untuk menyalurkan pengetahuan tentang hak-hak yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam bentk penyajian informasi visual yang dipublikasikan di media sosial.

ALSA Lawbrary

Sarana untuk anggota ALSA LC UGM dan seluruh mahasiswa Fakultas Hukum UGM untuk dapat mengakses materi-materi perkuliahan yang diajarkan di kampus dan soal-soal UTS serta UAS tahun-tahun sebelumnya yang telah diadakan oleh Fakultas Hukum UGM.

ALSA Indonesia Legal Review Competition (AILRC)

AILRC merupakan kegiatan akademik ALSA National Chapter Indonesia yang bertujuan untuk mewadahi mahasiswa fakultas hukum se-Indonesia baik yang member ALSA ataupun bukan untuk membuat Legal Review. 

ALSA Care & Legal Coaching Clinic

 

ALSA Care & Legal Coaching Clinic: program kerja tahunan yang diamanahkan oleh ALSA National Chapter Indonesia kepada 14 (empat belas) local chapters ALSA Indonesia. Tujuan mendasar dari acara ini ialah untuk meningkatkan pemahaman hukum kepada masyarakat umum dengan cara terjun langsung sambil memberikan penyuluhan hukum.

Pra-MCC ALSA

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa/I Fakultas Hukum UGM perihal sistem MCC ALSA untuk kompetisi yang diikuti ALSA LC UGM di bidang peradilan semu.

Kompetisi Peradilan Semu Piala Dekan FH UGM ke XV

Kompetisi rutin yang diselenggarakan oleh Satria Paramartha (komunitas peradilan semu) setiap tahun. Peserta dari kompetisi ini adalah mahasiswa aktif yang mewakili LO serta LSO yang ada di FH UGM. Tujuan dari kompetisi ini adalah sebagai sarana pembelajaran kemampuan beracara dalam peradilan bagi mahasiswa/i FH UGM.


NMCC ALSA Piala MA XXIII 2020

 

NMCC ALSA merupakan kompetisi peradilan semu yang diadakan setiap tahun oleh ALSA National Chapter Indonesia. Peserta dari kompetisi ini adalah 16 tim dari berbagai universitas ALSA maupun non-ALSA di Indonesia. Acara ini bertujuan sebagai sarana bagi mahasiswa/I Fakultas Hukum untuk dapat menerapkan keilmuan melalui proses persidangan yang sesuai dengan persidangan. Pada pelaksanaannya yang ke 22, kompetisi ini diselenggarakan di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

  • Facebook - White Circle
  • YouTube - White Circle
  • Instagram - White Circle
logo-UGM putih.png

 

Copyright © 2019 Asian Law Students' Association Local Chapter Universitas Gadjah Mada

All other trademarks are the trademarks of their respective owners.

v3.3.1, April 2019. All Rights Reserved. All Systems Operational.