ALSA Forum Laos 2021


Mock GCM on ALSA Forum Laos 2021

Pada tanggal 6-8 Agustus 2021, ALSA Internasional menyelenggarakan ALSA Forum yang merupakan forum tertinggi dalam ALSA Internasional. Pada tahun ini, ALSA Forum diselenggarakan oleh ALSA National Chapter Laos. Mengingat keadaan Pandemi COVID-19 yang belum mereda, kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid di Vientiane dan melalui Zoom Cloud Meetings.


ALSA Forum 2021 Laos mengangkat tema “Moving Forward to Be One” dengan total jumlah peserta sebanyak kurang lebih 150 (seratus lima puluh) orang peserta yang berasal dari berbagai National Chapter. Mengangkat tema akademik “Illegal Migration”, ALSA Forum 2021 Laos memuat kegiatan Panel Discussion dengan beberapa pembicara yang ahli pada bidang tersebut. Selanjutnya, terdapat kegiatan akademik lain yang membahas mengenai “Illegal Migration” lebih dalam dan menyeluruh dalam rangkaian kegiatan Table Discussion. Table Discussion menjadi sarana bagi para delegasi untuk bertukar pemikiran dan pengetahuan mengenai tema yang terdapat dalam chamber sesuai dengan asal negara setiap delegasi. Dalam kegiatan ini setiap delegasi juga diminta untuk memberikan resolusi yang bersifat universal. Selain kegiatan akademik, delegasi juga turut melaksanakan kegiatan non-akademik seperti Mock Governing Council Meeting (“GCM”) dan General Assembly yang membahas mengenai kinerja ALSA International Board tahun kepengurusan 2020/2021 dan melakukan pemilihan ALSA International Board untuk kepengurusan selanjutnya. Pada tahun ini, ALSA Indonesia berhasil membawa Sherina Gunawan yang berasal dari ALSA Local Chapter Universitas Gadjah Mada sebagai elected Treasurer of ALSA International Board 2021/2022.


Sepanjang pelaksanaan ALSA Forum 2021 Laos, para delegasi tentu mendapat pengetahuan yang lebih mendalam dan luas mengenai “Illegal Migration” beserta dengan masalah turunannya seperti marriage fraud, illegal adoption, dan migration of sex workers. Bersamaan dengan itu, pengalaman lain yang juga diperoleh adalah memperluas relasi dan kesempatan berdiskusi dengan anggota ALSA dari berbagai National Chapter lainnya. Dengan diadakannya kegiatan ALSA Forum 2021 Laos, para delegasi diharapkan dapat memperoleh pengetahuan hukum yang lebih mendalam dan pengalaman ALSA yang lebih luas guna melanjutkan regenerasi ALSA terutama dalam lingkup internasional maupun nasional.


Recent Posts