ALSA International Legal Training and Workshop 2021



Pada tanggal 5-6 Juni 2021 lalu, ALSA Internasional melalui ALSA National Chapter Sri Lanka berhasil menyelenggarakan kegiatan ALSA International Legal Training and Workshop (AILTW) 2021 secara daring melalui Zoom Cloud Meetings. Dengan mengangkat tema “Challenges Faced by The Intellectual Property Law Regime in The Digital Era”, AILTW 2021 diikuti kurang lebih 70 (tujuh puluh) peserta dan diisi oleh berbagai narasumber dari Sri Lanka.


Dalam pembukaan terdapat beberapa sambutan antara lain dari President of ALSA International Board, President of ALSA National Chapter Sri Lanka, dan Co-Chairperson AILTW 2021. Selanjutnya, dalam agenda akademik terdapat kegiatan seminar dan legal training yang diisi oleh para narasumber dengan latar belakang sarjana hukum sekaligus praktisi. Para pembicara yang mengisi AILTW 2021, yaitu Prof. Naazima Kamardeen, DR. Nishantha Sampath Punchihew, DR. Milhan Ikram Mohamed, Mr. Thishya Weragoda, dan Ms. Aparrajitha Ariyadasa membahas mengenai intellectual property rights yang diikuti pula dengan sesi tanya jawab. Forum berlangsung dengan interaktif, di mana delegasi ALSA National Chapter Indonesia juga sangat aktif dan kritis dalam bertanya. Pada hari kedua, dilaksanakan sesi workshop yang diisi oleh Ms. Saranee Gunathilaka yang memiliki latar belakang sebagai mediator sekaligus negosiator. Beliau membahas mengenai alternative dispute resolution yang ternyata tidak terbatas pada mediasi saja. Workshop dilanjutkan dengan mock mediation yang diikuti oleh seluruh delegasi dan jajaran ALSA International Board. Pada sesi ini, antusiasme tercipta baik dari delegasi ALSA National Chapter Indonesia maupun delegasi dari ALSA national chapter lainnya. Lalu, terdapat kegiatan paper presentation yang dilakukan oleh top three best paper presentation. Akhirnya, kegiatan pada hari kedua ditutup dengan awarding dan closing ceremony.


Dengan adanya kegiatan AILTW 2021 ini, para delegasi diharapkan dapat menambah pengetahuan baik secara teoritis maupun praktis mengenai intellectual property rights dan alternative dispute resolution yang tidak terbatas pada mediasi saja. Kiranya materi yang disampaikan dalam AILTW 2021 dapat menjadi bekal pengetahuan bagi para delegasi di masa depan dan memajukan ALSA secara keseluruhan.