PRA-MUSYAWARAH NASIONAL AND ALSA LEADERSHIP TRAINING XXVIII

Pra-Musyawarah Nasional dan ALSA Leadership Training atau PALT adalah acara nasional yang rutin diadakan oleh ALSA National Chapter Indonesia. Tahun ini, PALT diselenggarakan oleh ALSA Local Chapter Universitas Udayana pada tanggal 18 - 19 September 2021 dengan tema “Satya Bhakti Aprabhu”. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan dalam PALT XXVIII. Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan Seminar Nasional yang mengusung tema “Optimalisasi UMKM Minuman Beralkohol di Bali Melalui Undang-Undang Cipta Kerja”. Sesi tersebut diisi oleh 4 (empat) pembicara kompeten sesuai dengan tema yang diusung, yakni I Putu Suartha S.H., M.H. (Kepala Bagian Perundang-Undangan Kab/Kota Setda Provinsi Bali), I Wayan Sumerta, S.E., MM., Ak. (Ketua Koperasi Poetera Desa Wisata), Dr. A.A. Gede Duwira Hadi S., S.H., M.Hum. (Dosen Fakultas Hukum Universitas Udayana), serta Leonard Teosabrata (President Director of LLP-KUKM SMESCO Indonesia).


Pada hari selanjutnya, dilaksanakan 2 (dua) agenda sekaligus yakni Pra-Musyawarah Nasional (Pra-Munas) dan ALSA Leadership Training (ALT), sehingga delegasi ALSA LC UGM terbagi di mana 3 (tiga) orang mengikuti Pra-Munas sedangkan sisanya mengikuti ALT. Dalam pelaksanaannya Pra-Munas terbagi menjadi 3 (tiga) sidang pleno. Pleno I membahas terkait Laporan Pertanggung Jawaban tengah tahun National Board ALSA Indonesia. Lalu, Pleno II membahas Rancangan Agenda dan Produk-Produk SEMUNAS XXIX. Adapun, Pleno III membahas Batas Maksimal Biaya Kontribusi Delegasi dalam Kegiatan Nasional. Sedangkan, pelaksanaan ALT dibagi menjadi beberapa sesi. Pertama, sesi Leadership Talk Show di mana delegasi ALSA LC UGM kembali dipecah menjadi 5 (lima) kelompok dengan topik pembahasan dan pembicara yang berbeda pula. Adapun, topik dalam sesi ini berkaitan erat dengan isu seputar kepemimpinan. Selanjutnya, pada sesi General Sharing seluruh peserta ALT dibagi ke dalam 2 (dua) chamber besar. Lalu, setiap kelompok diminta menyelesaikan kasus posisi yang disediakan panitia. Terdapat penghargaan kepada kelompok terbaik di setiap chamber, di mana kelompok dari Agnes Sulistyaningtias (2020) berhasil menjadi Best Team Discussion Chamber A, sedangkan kelompok dari Muhammad Thoriq Irnando (2020) menjadi Best Team Discussion Chamber B. Sesi terakhir dalam ALT adalah Division Sharing di mana setiap delegasi akan dibagi ke dalam beberapa breakout room untuk memaparkan program kerja dan fungsi sesuai dengan divisinya masing-masing.

Pelaksanaan PALT XVIII secara daring ternyata tidak menyurutkan antusiasme para delegasi untuk mengikuti dan berperan aktif. Selain memperoleh pengalaman mengikuti acara nasional, para delegasi juga dapat menggali wawasan lebih dalam, serta dapat mengembangkan inisiatif berpartisipasi dalam sebuah forum dan berani memberikan pendapat di depan umum.





Recent Posts