top of page

RESEARCH CLASS 101: “Navigating the Strategy of Legal Research Excellence”



Research Class 101 merupakan sebuah fungsi di bawah naungan Divisi Law Development yang bertujuan untuk mempelajari dan mengembangkan kemampuan penulisan mahasiswa/i hukum secara lebih mendalam sebagai bentuk implementasi dari 2 (dua) pilar ALSA, yakni Legally Skilled dan Academically Committed, serta mewujudkan salah satu dari 17 (tujuh belas) poin SDGs, yaitu Quality Education. Research Class 101 dilaksanakan pada Hari Jumat, 26 April 2024 melalui Zoom Cloud Meetings dengan dihadiri oleh 2 (dua) orang pembicara, yaitu Kak Jerico Limans, S.H. selaku Legal Associate di HHP Law Firm dan Ibu Almonika Cindy Fatika Sari, S.H., M.A. selaku Dosen di Departemen Hukum Adat Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, serta dipandu oleh seorang moderator, yaitu Khaira Aliya Maleeka. Terdapat 73 (tujuh puluh tiga) orang peserta yang berpartisipasi dalam acara Research Class 101. 


Research Class 101 dilaksanakan selama 1 (satu) hari dalam 1 (satu) rangkaian acara. Pembicara pertama, yaitu Kak Jerico Limans, S.H. memaparkan materi terkait 5 (lima) tahap penting dalam melakukan penulisan hukum, yaitu pre-writing, research, structure, drafting, dan review and finalize. Kemudian, pembicara kedua, yaitu Ibu Almonika Cindy Fatika Sari, S.H., M.A. memaparkan materi terkait metode pencarian literatur melalui kata kunci yang relevan terhadap topik yang akan dicari. Setelah pemaparan materi, Research Class 101 dilanjutkan dengan sesi review legal writings oleh kedua pembicara. Research Class 101 diakhiri dengan sesi penyerahan apresiasi kepada kedua pembicara dan moderator, serta sesi foto bersama dengan seluruh peserta. 


Dengan dilaksanakannya Research Class 101 diharapkan seluruh peserta yang berpartisipasi mendapatkan pengetahuan terkait penulisan hukum sehingga dapat menghasilkan  publikasi dan kajian yang semakin berkualitas sebagai bentuk kontribusi dalam pengembangan pengetahuan di bidang hukum. 


Comments


Recent Posts
Archive

ERGA OMNES 2022/2023

ERGA OMNES 2021/2022

bottom of page