SEMINAR DAN WORKSHOP NASIONAL 2021






Seminar dan Workshop Nasional atau SEMWORKNAS adalah salah satu kegiatan tahunan ALSA National Chapter Indonesia yang diikuti oleh setiap Local Chapter. SEMWORKNAS 2021 diselenggarakan oleh ALSA Local Chapter Universitas Sam Ratulangi pada tanggal 30 - 31 Juli 2021 dengan tema “Stride in Synergy to Strengthen the Nation’s Sovereignty”. Kegiatan dalam SEMWORKNAS 2021 mencakup kegiatan Seminar Nasional yang dilaksanakan pada hari pertama dengan mengambil tema “Border Security Enforcement: A Fulfillment of Indonesia’s National Security”. Pada hari selanjutnya terdapat pula kegiatan Workshop Nasional dengan mengangkat tema “Penyelesaian Masalah Batas Maritim di Wilayah Perbatasan”.


Dalam sesi Seminar Nasional terdapat 4 (empat) pembicara yang menjelaskan beberapa hal berbeda namun tetap memiliki keterkaitan dengan topik yang diangkat. Pertama, Bebeb Abdul Kurnia Nugroho Djunjunan, S.H., LL.M. (Direktur Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia), beliau menjelaskan overview keadaan maritim Indonesia. Kedua, Brigjen. Pol. Iman Wahyudi, S.I.K., M.Si., M.H. (Kepala Unit Penindakan Hukum Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA) RI), beliau menjelaskan tentang tugas dan fungsi BAKAMLA dalam menjaga keamanan di wilayah maritim Indonesia. Ketiga, Kol. Laut (P) Pantun Ujung, M.Tr., Hanla., M.M. (KOARMADA II LANTAMAL VIII Manado) menjelaskan mengenai kondisi pertahanan maritim Indonesia. Terakhir, Letkol. Inf. Frega Wenas Inkiriwang M.I.R., M.M.A.S., Ph.D. (Akademisi Universitas Pertahanan) menjelaskan tentang diplomasi maritim dari sudut pandang pertahanan.


Pemberian materi dalam sesi Workshop Nasional diisi oleh Bapak I Made Andi Arsana, Ph.D. (Dosen Teknik Geodesi UGM) yang memaparkan mengenai teknis delimitasi maritim serta bagaimana pengukuran dalam praktiknya. Selanjutnya, para delegasi juga dipandu oleh para fasilitator dari Dit. Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dalam proses diskusi sesuai dengan kasus posisi yang dibagikan pada setiap chamber. Sesi ini dirasa cukup menantang dimana dapat menjadi sarana para delegasi melatih kemampuan berdiskusi dan bernegosiasi selayaknya seorang diplomat. Walaupun cukup menantang, salah seorang delegasi ALSA LC UGM yakni Nugroho Adhi Pratama (2020) berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Speaker Chamber C.


Pelaksanaan SEMWORKNAS 2021 secara daring ternyata tidak menyurutkan antusiasme para delegasi untuk mengikuti dan berperan aktif. Selain memperoleh pengalaman mengikuti acara nasional, para delegasi juga dapat menggali wawasan lebih dalam, terutama dalam hal penegakan hukum di perbatasan wilayah, baik darat maupun maritim, serta dapat mengembangkan inisiatif berpartisipasi dalam sebuah forum dan berani memberikan pendapat di depan umum.




Recent Posts