ALSA Local Chapter Visit: EXPERIENCE NEW CULTURE THROUGH A JOURNEY TOGETHER


Mempelajari budaya baru merupakan salah satu tujuan dari ALSA VISIT kali ini. Bertema “Experience New Culture Through a Journey Together” menjadi pedoman bagi ALSA LC UI dalam kunjungannya ke ALSA LC UGM. Menapak kembali ke akar kultural memberikan harapan bagi kedua Local Chapter untuk meningkatkan keakraban dan juga kekeluargaan selama rangkaian program kerja ini berjalan. Kembali lagi ke salah satu ALSA Pillars “Academically Committed’, pemahaman tentang warisan patriarkhi Keraton dalam rangakaian ALSA NATIONAL VIDEO CONFERENCE yang diselenggarakan di Fakultas Hukum UGM dapat memberikan pemaparan kepada Local Chapter yang berpartisipasi tentang peranan budaya lokal dalam sistem legislasi di Indonesia. Dengan adanya kesempatan untuk saling bertemu, semoga dalam ALSA VISIT ini terjalin hubungan yang harmonis antar Local Chapter. Tak hanya sebatas kunjungan kerja, tetapi juga wadah baru bagi anggota ALSA untuk saling mengenal dan menjalin persahabatan.


Kedatangan ALSA LC UI ke Universitas Gadjah Mada menjadi suatu kebanggaan bagi ALSA LC UGM selaku penyambut. Keterlibatan ALSA LC UI sebagai salah satu founding member ALSA Indonesia menjadikan kampus jaket kuning ini salah satu Local Chapter tertua di Indonesia. ALSA VISIT kali ini dilaksanakan. selama tiga hari, dari 21 sampai dengan 23 Agustus 2017. Banyak sekali tempat wisata khas yang telah dikunjungi selama ALSA VISIT. Titik wisata yang dikunjungi ialah, Keraton Ngayogyakarta, Taman Sari Water Castle, Ullen Setalu Alun-Alun Selatan, Jalan Malioboro, dan Sunset Trip di Gunung Merapi. Tak hanya itu, wisata kuliner pun menjadi kegiatan yang wajib selama di Yogyakarta; dari Ice Cream Stop di II Tempo del Gelato sampai makan siang di Gudeg Mbarek Bu Hj Amad. Selain berpariwisata di Yogyakarta, ada juga rangakaian acara yang diadakan oleh ALSA LC UGM; dari Amazing Race yang dimulai dari Rektorat UGM sampai Jalan Malioboro, ALSA National Video Conference yang diadakan di Fakultas Hukum UGM, dan dinner yang dibarengi oleh LC Sharing dengan penutupan pelepasan lampion oleh masing-masing Local Chapter. Secara keseluruhan, rangkaian acara yang dilaksanakan berjalan dengan lancar. Antusiasme yang terlihat dari kedua Local Chapter memberikan kesan yang positif dalam proker ini.


Semoga dengan terjalannya ALSA VISIT ini, banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari masing-masing Local Chapter. Hendaknya seperti keluarga, harapan saya setelah proker ini ialah terjalinya hubungan yang erat dan melekat bagi peserta ALSA LC UI dan ALSA LC UGM.

Recent Posts