ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2021 ALSA LC UGM “Yogyakarta Berkeadilan Bagi Pekerja Perempuan:


ALSA Care and Legal Coaching Clinic (CLCC) kembali hadir dan dilaksanakan pada 13-14 November 2021 dengan mengangkat tema “Yogyakarta Berkeadilan Bagi Pekerja Perempuan: Aktualisasi Perlindungan Hak Pekerja Perempuan di Sektor Informal”. Dalam penyelenggaraannya, ALSA CLCC 2021 LC UGM terbagi menjadi dua rangkaian yaitu Online Talkshow dan Workshop.


Kegiatan Online Talkshow yang dihadiri oleh 102 peserta terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yakni doa bersama; menyanyikan lagu Indonesia Raya serta ALSA Anthem; sambutan oleh Project Officer ALSA CLCC 2021 LC UGM, Director ALSA LC UGM 2020/2021, Perwakilan National Board dan International Board 2021/2022; pre-launching Policy Paper; dan penyampaian materi oleh para pembicara yang terdiri dari Ibu Yohana Santi Roestriyani, Ibu Amin Muftiyanah, Ibu Nabiyla Risfa Izzati, yang kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemberian plakat. Pada CLCC 2021 ini, ALSA LC UGM berupaya berkontribusi dalam mewujudkan hak dan keadilan untuk pekerja perempuan di sektor informal melalui policy paper yang merupakan sebuah hasil dari Research Collaboration, yaitu riset lintas bidang yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa/i UGM dari beberapa fakultas secara komprehensif guna memberikan rekomendasi kebijakan terhadap permasalahan yang kerap terjadi pada pekerja perempuan di sektor informal, seperti kekerasan di tempat kerja, upah yang relatif rendah, juga perlakuan yang kurang layak.


Pada hari kedua, terdapat Workshop yang dilakukan secara hybrid, di mana sesi Soft Skill Workshop dilaksanakan secara online melalui Zoom Cloud Meetings dengan mendatangkan pembicara dari akademisi Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung, Ibu Yunieta Anny Nainggolan yang membahas mengenai manajerial, pemasaran, negosiasi, dan pembukuan. Kemudian pada sesi Hard Skill Workshop yang dilaksanakan secara offline di Griya Swasti dipimpin oleh Ibu Nadirotussariroh yang mengajarkan peserta mengenai teknik ecoprint.


Meski dilaksanakan di tengah pandemi, acara ALSA CLCC 2021 LC UGM berjalan dengan baik dan lancar tanpa mereduksi esensi, nilai, serta tujuan yang ingin dicapai dari acara ini, yaitu manfaat bagi masyarakat sekitar.

Recent Posts