ALSA CHARITY & SOCIAL EVENT (ALSA CHASE) 2021 “Discover More to Understand More”





Tahun ini, divisi External Affairs ALSA LC UGM kembali mengadakan ALSA Charity & Social Event (ALSA CHASE) 2021 dengan mengangkat tema “Understanding is Healing” dan mengangkat judul “Discover More to Understand More”. ALSA CHASE 2021 merupakan sebuah kegiatan sosial yang bertujuan untuk memberikan suatu dukungan dan perhatian terhadap Anak yang hidup dengan HIV, disertai dengan upaya untuk meningkatkan serta memperkuat kesadaran masyarakat mengenai pentingnya melindungi hak-hak Anak yang hidup dengan HIV, utamanya dalam bidang pendidikan, sekaligus memberikan edukasi mengenai pencegahan penyebaran HIV dan/atau AIDS di Indonesia.

Rangkaian acara dimulai pada hari Minggu, 26 September 2021, yaitu Pre-Event ALSA CHASE 2021, yakni berupa offline visit ke Yayasan Lentera Surakarta. Offline visit ini dilakukan oleh 7 (tujuh) orang panitia dengan mematuhi protokol kesehatan. Panitia kunjungan juga melakukan langkah antisipatif yaitu dengan melakukan Test Antigen dan/atau Test GeNose sebelum melakukan offline visit tersebut. Guna menjamin keselamatan adik-adik di Yayasan Lentera Surakarta, panitia juga melakukan pembersihan terhadap setiap peralatan maupun barang yang akan digunakan selama kunjungan menggunakan disinfektan.

Setelah melakukan persiapan, acara kemudian diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Project Officer ALSA CHASE 2021. Rangkaian acara kedua dalam kunjungan yaitu kegiatan melukis Plastic Mugs dan menulis harapan melalui sticky notes. Kegiatan tersebut diharapkan dapat mengasah kreativitas dan meningkatkan rasa percaya diri adik-adik di Yayasan Lentera Surakarta. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar berkat antusiasme dari adik-adik di Yayasan Lentera Surakarta, dalam menjalankan kegiatan tersebut. Setelah melaksanakan kedua rangkaian kegiatan inti tersebut, acara dilanjutkan dengan penyerahan donasi yang telah kami kumpulkan untuk Yayasan Lentera Surakarta secara simbolis.

Puncak dari rangkaian acara ALSA CHASE 2021 berupa suatu Online Talk show bertajuk “Discover More to Understand More”, dengan mengusung tema Perlindungan serta Jaminan Hak Asasi dan Hak Pendidikan Anak yang hidup dengan HIV di Indonesia. Online Talk Show ini menghadirkan oleh 3 (tiga) orang pembicara yakni dr. Sandeep Tarman Nanwani, MMSc (Programme Officer for ASRH UNFPA Indonesia), Puger Mulyono (Founder of Yayasan Lentera Surakarta), dan Amalia Kurniaputri, S.H. (Executive Director of Mimpi Tak Bersekat). Ketiga pembicara tersebut mengisi acara dengan membawakan topik yang selaras namun dengan perspektif yang berbeda-beda, hingga dapat memberikan gambaran yang komprehensif bagi masyarakat. Acara ini berhasil mengumpulkan sebanyak 112 (seratus dua belas) partisipan dari berbagai kalangan masyarakat.

Online Talk Show ALSA ALSA CHASE 2021 ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta ALSA Anthem, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari Rr Kunti Dewi Adriane K. W. selaku Project Officer ALSA CHASE 2021 dan Prasetio Pramudiyono selaku Director ALSA LC UGM 2020/2021. Sesi selanjutnya adalah penayangan dari miniclip offline visit Yayasan Lentera Surakarta yang dilakukan oleh panitia. Kemudian acara dilanjutkan dengan inti dari rangkaian utama yakni pemaparan materi oleh ketiga pembicara. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi antar Pembicara yang dipandu oleh Moderator, serta sesi tanya jawab dengan audience.

Sesi tanya jawab dengan audience tersebut sekaligus mengakhiri jalannya acara. Kemudian, acara diakhiri dengan penyerahan plakat kepada ketiga pembicara dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama sebagai penutup dari Online Talk Show ALSA CHASE 2021.


Recent Posts