top of page

ALSA Charity & Social Event (CHASE) 2023 “Unify the Expediency of All”




ALSA Charity & Social Event (CHASE) 2023 merupakan program kerja Divisi External Affairs ALSA LC UGM yang diselenggarakan sebagai bentuk implementasi salah satu dari 4 (empat) pilar ALSA, yakni Socially Responsible. ALSA CHASE tahun ini hadir dengan tema yang cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni “Unify the Expediency of All” yang bertujuan menyatukan kebahagian bersama untuk meningkatkan awareness atau kesadaran sosial sekaligus pemahaman kepada masyarakat mengenai hak dan perlindungan yang sama bagi komunitas ODGJ. Selain bertujuan untuk meningkatkan awareness mengenai ODGJ, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media bagi para peserta dalam belajar bagaimana memperlakukan penyandang gangguan kejiwaan dengan baik dan dapat memberikan edukasi juga advokasi mengenai kepedulian terhadap komunitas berkebutuhan khusus, terutama ODGJ sebagai penyandang gangguan mental.


ALSA CHASE 2023 terdiri dari 2 (dua) rangkaian acara, yaitu online talkshow yang dilaksanakan pada 20 Mei 2023 dan kunjungan ke Yayasan Efata yang dilaksanakan pada 21 Mei 2023. Online Talkshow ALSA CHASE 2023 mengangkat judul “Utility for Prosperity” yang dihadiri oleh 152 (seratus lima puluh dua) peserta melalui Zoom Cloud Meetings dan juga YouTube livestream. Talkshow ini berisi pemaparan materi oleh 3 (tiga) pembicara dengan latar belakang yang berbeda, antara lain Bapak Adi Salitonga selaku pembina Yayasan Efata, dr. Lahargo Kembaren, Sp.KJ. selaku psikiater, dan Ibu Riri A.E. Rimandasari, S.KM., M.H., M.M. selaku founder komunitas Peduli ODGJ Indonesia. Setelah pemaparan materi oleh para pembicara, dilakukan juga sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dengan pembicara yang disambut oleh antusiasme tinggi dari peserta yang terlihat dari banyaknya pertanyaan seputar kesehatan mental dan ODGJ.


Pada hari berikutnya, acara dilanjutkan dengan mengunjungi 29 (dua puluh sembilan) teman-teman ODGJ di Yayasan Efata. Kunjungan tersebut diisi dengan sesi melukis tote bag sebagai sarana art therapy bagi teman-teman ODGJ untuk mengungkapkan perasaan mereka melalui seni secara positif dan kreatif. Selain itu, panitia ALSA CHASE 2023 mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan teman-teman ODGJ untuk memberikan pengalaman positif dan bermanfaat. Di penghujung acara, panitia ALSA CHASE 2023 memberikan penyerahan donasi dan sembako bagi teman-teman ODGJ yang berada di Yayasan Efata dengan harapan kontribusi tersebut dapat memberikan bantuan dan meningkatkan kesejahteraan teman-teman ODGJ.


Comments


Recent Posts
Archive
bottom of page