top of page

ALSA ENGLISH LEGAL COMPETITION (ELOC) 2024

Deciphering Indonesia’s Labor Law: Addressing Unemployment and Job Concerns


ALSA English Legal Opinion Competition (ELOC) 2024 merupakan suatu program kerja Asian Law Students’ Association Local Chapter Universitas Gadjah Mada (ALSA LC UGM) yang berada dibawah naungan Divisi English Development sebagai bentuk pengimplementasian dari 3 (tiga) pilar ALSA, yaitu Legally Skilled, Academically Committed, dan Internationally Minded. ALSA ELOC 2024 bertujuan memberikan sarana bagi Anggota ALSA LC UGM dan Mahasiswa/i S1 Fakultas Hukum UGM untuk dapat memperluas pengetahuan dalam ilmu hukum sesuai dengan topik yang diangkat, mengasah skill dalam berbahasa Inggris, mengimplementasikan ilmu yang dimiliki untuk menangani masalah pengangguran dan ketenagakerjaan di Indonesia, dan mengasah kemampuan berkomunikasi dan menerima pandangan dari berbagai perspektif yang berbeda.


Sesuai dengan tema besar ALSA ELOC tahun ini, yaitu“Deciphering Indonesia’s Labor Law: Addressing Unemployment and Job Concerns” yang berfokus pada penganalisisan dan pemahaman UU Ketenagakerjaan di Indonesia, seperti bagaimana peran penting UU Ketenagakerjaan dalam menyeimbangkan hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha, faktor penyebab pengangguran di Indonesia, kondisi ekonomi dan keterampilan tenaga kerja yang perlu dikembangkan agar dapat menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan kualitas pekerjaan di Indonesia.


Pada tahun ini, ALSA ELOC 2024 mengadakan Opening Ceremony yang diselenggarakan pada Jumat, 17 Mei 2024 di Ruang 3.1.1 Fakultas Hukum UGM. Rangkaian acara ini dihadiri oleh 2 (dua) orang pembicara yang diisi dengan sesi talkshow oleh Susilo Andi Darma S.H., M.Hum, terkait pentingnya memahami dan mengevaluasi kerangka hukum yang mengatur hubungan antara pengusaha dengan pekerja, terutama di tengah tantangan ekonomi dan sosial yang dihadapi Indonesia. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sesi workshop yang dipandu oleh Ibrahim Hanif, S.H., LL.M. dengan topik “How to Write a Good Legal Opinion” yang tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai cara penulisan yang efektif dalam mengatasi isu-isu kompleks terkait hukum ketenagakerjaan di Indonesia.


Judging Period ALSA ELOC 2024 dimulai dari Rabu, 22 Mei 2024 hingga Kamis, 30 Mei 2024 yang dinilai oleh 3 (tiga) orang juri dari dosen Fakultas Hukum UGM, yaitu Agustinus Supriyanto, Prof. Dr., S.H., M.Si., Ibrahim Hanif, S.H., LL.M., dan Murti Pramuwardhani Dewi, Dr., S.H., M.Hum.


Agenda terakhir dari ALSA ELOC 2024 diisi dengan Closing Ceremony yang terdiri dari Closing Remarks oleh Project Officer ALSA ELOC 2024, yaitu Rifada Khalida Chaerunie (Staff of English Development 2023) dan Director of ALSA LC UGM 2023/2024, yaitu Marsa Azzahra Ratu Mariqal Albar. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan Winner Announcement yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings pada Jumat, 31 Mei 2024. Agenda tersebut menandakan berakhirnya seluruh rangkaian acara ALSA ELOC 2024 dengan harapan para peserta bisa mendapatkan pengalaman berharga dalam bekal perjalanan karir peserta di masa depan.

Comments


Recent Posts
Archive
bottom of page