top of page

ALSA English Legal Opinion Competition (ELOC) 2023





Pada tahun ini, ALSA LC UGM menggelar salah satu program kerja dari Divisi English Development, yaitu ALSA English Legal Opinion Competition (ELOC) 2023. ALSA ELOC 2023 merupakan kompetisi legal opinion berbahasa Inggris internal Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Rangkaian kompetisi hanya terdiri satu babak, yaitu pengerjaan dan pengumpulan berkas. Waktu untuk pendaftaran dan pengumpulan berkas dijadikan 1 (satu) periode, yakni mulai dari tanggal 15 Mei 2023 sampai dengan 24 Mei 2023. Tahun ini merupakan tahun pertama diselenggarakannya ALSA ELOC 2023, di mana kompetisi ini diikuti oleh 6 (enam) tim antara lain Tim Dorothea, Tim Blank Space, Tim Bank Pirate, Tim Shadow, Tim Sparkling Water, dan Tim Dafodil. Setelah semua tim mengumpulkan berkas, periode penjurian dilaksanakan mulai tanggal 24 Mei 2023 sampai dengan 27 Mei 2023. Penjurian dilaksanakan oleh 3 (tiga) juri , yaitu Sartika Intaning Pradhani, S.H., M.H., selaku dosen Fakultas Hukum UGM pada Departemen Hukum Adat, Budi Rahmawan, S.H., L.L.M., selaku dosen Fakultas Hukum UGM pada Departemen Hukum Administrasi Negara, dan Dr. Rimawati, S.H., M.Hum., selaku dosen Fakultas Hukum UGM pada Departemen Hukum Adat.


Seluruh rangkaian acara ALSA ELOC 2023 ditutup dengan Closing Ceremony yangterdiri dari 3 (tiga) rangkaian acara, yakni short talk show, awarding, dan music performance olehALSING. Acara ini digelar secara online melalui Zoom Cloud Meetings dengan mengangkat tema “The Enforcement and Protection of Law for the Rights of Indigenous People” yang dihadiri oleh 51 (lima puluh satu) peserta. Talk show singkat dipandu oleh Rachelle Amadea Roselynn Nikita Tan dengan menghadirkan 1 (satu) pembicara, yaitu Sartika Intaning Pradhani, S.H., M.H., selaku dosen Fakultas Hukum UGM dalam Departemen Hukum Adat. Selanjutnya, rangkaian acara memasuki sesi awarding. Tim yang memenangkan ALSA ELOC 2023 adalah Tim The Blank Space sebagai Juara Pertama yang diwakili oleh Haura Atthaya Salsabilla, Tim Sparkling Water sebagai Juara Kedua yang diwakili oleh Denny Wijaya, dan Tim Shadow sebagai Juara Ketiga yang diwakili oleh Maria Bernadetha Molas Harman. Terakhir, rangkaian acara ditutup dengan music performance oleh ALSING.


Demikian seluruh rangkaian acara ALSA English Legal Opinion Competition (ELOC) 2023 telah berakhir. Kami berharap dengan diadakannya ALSA ELOC 2023, kompetisi dan rangkaian acara yang menyertainya dapat membantu mahasiswa hukum dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pertimbangan hukum, mengasah kemampuan penulisan hukum, dan juga membuat kreasi terbaik peserta dalam bidang hukum.


Comentários


Recent Posts
Archive
bottom of page