ALSA LC UGM WEBINAR SERIES #1 “Tagihan Royalti, “Lagu Lama” yang Datang Lagi?”



Pada tanggal 8 Mei 2021, ALSA LC UGM mengadakan Webinar Series #1 dengan judul “Tagihan Royalti, “Lagu Lama” yang Datang Lagi?”. Kegiatan ini merupakan salah satu pengimplementasian fungsi dari divisi Law Development yang dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meetings dan Live YouTube ALSA LC UGM. Terdapat 60 (enam puluh) orang peserta dari berbagai kalangan mahasiswa sampai dengan masyarakat umum yang turut hadir mengikuti Webinar Series #1.


Dalam Webinar Series #1 kali ini menghadirkan 3 (tiga) pembicara yang kompeten di bidangnya yaitu Bapak Dr. Syarifuddin, S.T., M.H. yang merupakan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Bapak Adi Adrian yang merupakan Komisioner Bidang Kolektif Royalti dan Lisensi Lembaga Manajemen Kolektif Nasional, dan Ibu Jeane Phialsa, S.H., M.H. dalam hal ini mewakili musisi sekaligus Wakil Direktur Komunikasi & Riset Federasi Serikat Musisi Indonesia.


Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB dan dibuka oleh Director ALSA LC UGM yaitu Prasetio Pramudiyono. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi dan diskusi yang dipandu oleh seorang moderator yaitu Christian Todo. Dalam sesi ini, ketiga pembicara membahas mengenai latar belakang terbitnya PP No. 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik, mekanisme pemungutan royalti, dan bagaimana perspektif musisi dalam menanggapi peraturan a quo maupun pelaksanaan distribusi royalti ini terhadap musisi. Ketiga pembicara membawakan materi dengan sangat komprehensif. Peserta yang hadir juga sangat antusias dengan materi yang dibawakan oleh pembicara sehingga diskusi bisa berjalan 2 (dua) arah dan sesuai dengan harapan penyelenggara yaitu untuk meluruskan kesalahpahaman ataupun hal-hal yang kurang dimengerti teknisnya terkait penegakan peraturan a quo.



Recent Posts