ALSA Legal Class Ver. 2 x Editorial Board Legal Research & Writing: Workshop Series




Workshop Legal Class Ver. 2 x Editorial Board berhasil diselenggarakan pada 5 dan 12 Juni 2021 melalui Zoom Cloud Meetings dengan mengangkat tema besar “Legal Research & Writing Workshop Series”. Acara ini mengundang dosen dari departemen hukum lingkungan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM), I Gusti Agung Made Wardana S.H, LL.M., Ph. D. yang akrab disapa Mas Igam sebagai pembicara pada hari pertama dan dosen departemen hukum internasional FH UGM, Fajri Matahati Muhammadin, S.H., LL.M., Ph.D. yang akrab disapa Mas Fajri serta Nugroho Adhi Pratama yang akrab disapa Kak Nugi sebagai pembicara pada hari kedua.


Pada hari pertama, diadakan workshop berjudul “How to Convert Legal Issue into Research Topic: Where to Start” yang membahas cara menemukan topik penelitian dengan baik. Menurut Mas Igam, dalam melakukan penelitian, banyak aspek penting yang harus diperhatikan yakni esensi konteks permasalahan untuk memberi perspektif hukum, menjelaskan dan menarik kesimpulan secara komprehensif, serta membuat mind map agar lebih mudah mengetahui permasalahan suatu fenomena hukum yang terbagi atas 3 (tiga) konteks, yaitu sosiologi/antropologi, hukum, dan teknis.


Pada hari kedua, diadakan workshop berjudul “Formatting Legal Research” yang membahas pentingnya mencantumkan sitasi dan cara memformatnya. Mas Fajri menjelaskan sitasi sangat penting karena penulis harus bertanggung jawab atas tulisannya. Menggunakan aplikasi Mendeley, penulis dapat dengan mudah mengutip sumber sitasinya. Setelahnya, Kak Nugi menjelaskan tentang similarity index, plagiarisme, dan bagaimana menemukan sumber terpercaya.


Selanjutnya diadakan sesi praktik agar peserta dapat langsung mencoba membuat produk penelitian hukum. Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan penelitian hukumnya.


Recent Posts