ALSA Legal Visit 2022 “Data Protection and Privacy Laws in Modern Media Technology”





ALSA Legal Visit 2022 merupakan suatu program kerja dari divisi External Affairs yang berkolaborasi dengan divisi Law Development yang berupa kegiatan kunjungan ke instansi yang berkaitan dengan dunia hukum. ALSA Legal Visit adalah program untuk menjembatani mahasiswa/i FH UGM dalam melakukan sebuah perjalanan ke beberapa instansi terkemuka di Jakarta untuk berdiskusi langsung dengan para ahli di instansi tersebut. ALSA Legal Visit 2022 diselenggarakan di 3 (tiga) instansi terkait yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Assegaf Hamzah & Partners Lawfirm, dan DANA Indonesia pada tanggal 2–4 agustus 2022. Terdapat 2 (dua) rangkaian acara dalam ALSA Legal Visit tahun ini yakni sesi pertama dibuka dengan seminar dan dilanjutkan dengan office tour atau berkeliling kantor instansi yang dikunjungi. ALSA Legal Visit 2022 hari pertama berlokasi di kantor Otoritas Jasa Keuangan dengan dihadiri oleh 30 (tiga puluh) peserta yang terdiri dari Board of Director, Local Board, panitia, peserta dan narasumber, yakni Bapak Wahyudi selaku analisis pengembangan SDM sektor jasa keuangan.


Acara berlanjut pada hari ke dua di kantor Assegaf Hamzah & Partners sebagai representasi dari firma hukum dengan dihadiri sebanyak 28 (dua puluh delapan) peserta dan dua orang narasumber, yakni Bapak Zacky Zainal Husein dan Bapak Daniar Supriyadi selaku ahli dalam bidang privacy laws & data. Kunjungan terakhir yang dilaksanakan adalah kunjungan ke kantor DANA Indonesia yang dihadiri oleh 28 (dua puluh delapan) peserta dan dua orang narasumber yakni Arista Hambali yang menjelaskan perihal privacy laws sesuai dengan tema yang diusung serta Lullafayza Maharani yang menjelaskan perihal carrier opportunity di DANA Indonesia.


ALSA Legal Visit 2022 diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peserta yang notabenenya adalah mahasiswa hukum untuk menggali ilmu dan informasi dari instansi-instansi terkait yang nantinya akan berguna bagi karier dan perkembangan hukum di dunia digital ke depannya. Materi perihal perlindungan data yang didapatkan secara langsung dari instansi terkait dapat menjadi tambahan ilmu kepada peserta yang mengikut ALSA Legal Visit 2022. Seluruh rangkaian acara diakhiri dengan sesi penyerahan plaket dan sesi foto bersama dengan peserta, panitia, dan pihak terkait dari instansi-instansi yang dikunjungi.