top of page

ALSA LEGAL VISIT 2023

Tax Reform: Achieving Legal Justice, Certainty, and Expediency

ALSA LC UGM kembali menggelar salah satu program kerja unggulan dari Divisi External Affairs, yaitu ALSA Legal Visit 2023. Rangkaian acara terdiri dari 2 (dua) hari yang diselenggarakan pada Selasa, 25 Juli 2023 hingga Rabu, 26 Juli 2023. Pada hari pertama, ALSA Legal Visit 2023 mengunjungi Mahkamah Konstitusi (MK), dihadiri oleh 1 (satu) dosen pendamping, yaitu Taufiq Adiyanto, S.H., LL.M., 13 (tiga belas) peserta dan 25 (dua puluh lima) panitia. Pada hari kedua, ALSA Legal Visit 2023 mengunjungi 2 (dua) instansi, yaitu Kompas dan Hadiputranto, Hadinoto, & Partners Law Firm. Instansi pertama yang dikunjungi, yaitu Kompas dihadiri oleh 8 (delapan) peserta dan 24 (dua puluh empat) panitia. Masih pada hari yang sama, mengunjungi HHP Law Firm yang dihadiri oleh 15 (lima belas) peserta dan 24 (dua puluh empat) panitia. ALSA Legal Visit 2023 disponsori oleh Efendi Lod Simanjuntak & Partners, PT Mitra Agro Blessindo, dan JAT & Co. Law Firm.


Pada hari pertama, acara dibuka dengan kata sambutan oleh Project Officer, yaitu Eugenia Felicia Natiur Siregar, dilanjut dengan kata sambutan oleh Dosen Pembimbing, yaitu Taufiq Adiyanto, S.H., LL.M. dan Director of ALSA LC UGM 2022/2023, yaitu Jeremy Andrew Sugih. Seminar Session yang menjadi kegiatan utama di acara ini, dipandu oleh Yaqutta Adiva Putri Gunawan selaku moderator dengan Dr. Mery Christian Putri, S.H., M.H., selaku Constitutional Expert for Constitutional Court Republic of Indonesia yang mengangkat tema “Indonesian Constitutional Court: History, Authority, and Function” dilanjutkan dengan sesi Q&A. Setelah itu, diadakan Focus Group Discussion, di mana peserta dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, dengan subtema diskusi “Independensi Mahkamah Konstitusi untuk Menjamin Perlindungan Hak Konstitusional dalam UU HPP”. Kegiatan seminar ditutup dengan pemberian plaket kepada pembicara dan sertifikat kepada moderator, yang dilanjutkan dengan tur keliling MK. Tur tersebut berisi sejarah konstitusi sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Selain itu, peserta juga diberi kesempatan untuk menonton persidangan Judicial Review sebagai penutup kunjungan di MK.


Pada hari kedua, ALSA Legal Visit 2023 mengunjungi Kompas. Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Project Officer, yaitu Eugenia Felicia Natiur Siregar. Dilanjutkan dengan seminar session oleh Marketing Digital Partnership & Collaboration Kompas, kemudian pemaparan materi redaksi oleh Antony Lee selaku Kepala Editor Desk Politik dan Hukum dengan tema “Peran Media dan Cara Kerja Media Terkait Kebijakan Pemerintah” dan “Jurnalistik di Bidang Hukum dan Politik”. Sesi seminar ditutup dengan pemberian plaket dan souvenir. Setelah itu, peserta diberi kesempatan untuk tur ruang redaksi, yang menjadi rangkaian akhir dari kunjungan ke kantor Kompas.


Peserta kemudian melakukan mobilisasi ke instansi terakhir, yaitu HHP Law Firm. Acara dibuka dengan rangkaian kata sambutan, dilanjutkan dengan sesi utama, yaitu Law Course yang dipandu oleh moderator dengan 2 (dua) pembicara, yaitu Daru Hananto selaku Partner in the Tax and Customs Practice Group, dan Achmad Rhesa Saputra selaku Tax Specialist in the Tax and Customs Practice Group. Law Course berisi pemaparan materi dengan pokok bahasan “Indonesian Tax System and Domestic Tax Litigation System”. Setelah itu, peserta dibagi menjadi 8 (delapan) kelompok dan diberi kesempatan untuk berdiskusi terkait study cases yang telah disiapkan oleh HHP Law Firmyang dimenangkan oleh kelompok 5 (lima) dan 6 (enam). Acara diakhiri dengan pemberian plaket kepada pembicara dan sertifikat kepada moderator, lalu ditutup dengan sesi foto bersama.

Comments


Recent Posts
Archive
bottom of page