ALSA Legal Writing Competition 2022 ‘’Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual di Era Ekonomi Digital"


Pada tahun ini, ALSA LC UGM kembali menggelar salah satu program kerja dari Divisi Law Development, yaitu ALSA Legal Writing Competition 2022. Rangkaian acara terdiri dari opening ceremony, competition, dan closing. Opening Ceremony dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2022 yang berupa webinar sebagai simbolis pembukaan ALSA Legal Writing Competition 2022. Dalam webinar berjudul ‘’Hak Kekayaan Intelektual dan Perannya sebagai Payung Perlindungan di Era Ekonomi Digital’’ ini mendatangkan Ari Juliano Gema yang berfokus di bidang Intellectual Property and Entertainment di Assegaf Hamzah and Partners sebagai pembicara. Webinar ALSA LWC 2022 dihadiri oleh 72 (tujuh puluh dua) peserta dan dipandu oleh Denny Wijaya selaku moderator.


ALSA LWC 2022 merupakan kompetisi tahunan yang terdiri dari 2 (dua) cabang perlombaan, yaitu Legal Opinion dan Legal Review. Pada babak penyisihan, pengerjaan berkas dilakukan selama 4 (empat) minggu dan pengumpulan berkas dilakukan maksimal pada 15 Oktober 2022 dan pengumuman finalis 5 besar pada tanggal 8 November 2022. Pada tahun ini ALSA LWC diikuti oleh 23 (dua puluh tiga) delegasi Legal Opinion dan 13 (tiga belas) delegasi Legal Review. Kompetisi Legal Opinion mengumumkan 5 (lima) finalis yang lolos ke tahap selanjutnya, yaitu Tim LO18, Tim LO03, Tim LO21, Tim LO15, dan Tim LO05 sementara kompetisi Legal Review mengumumkan 5 (lima) finalis yang lolos ke tahap selanjutnya, yaitu Tim LR01, Tim LR05, Tim LR07, Tim LR03, dan Tim LR11 Kelima finalis ini akan melanjutkan ke babak presentasi dan tanya jawab yang nantinya akan dipilih 3 (tiga) peserta terbaik.


Seluruh rangkaian acara ALSA LWC 2022 akan ditutup dengan Talk Show and Closing Ceremony. Acara ini terdiri dari 2 (dua) rangkaian acara, yaitu talk Show dan awarding. Talk Show and Closing Ceremony ini digelar secara online melalui Zoom Cloud Meetings dengan mengangkat judul ‘’Efektifitas Perlindungan Merek bagi Pasar Digital di Indonesia’’ yang dihadiri oleh 61 (enam puluh satu) peserta. Talk Show tersebut dipandu oleh Indri Andini selaku moderator dengan mendatangkan 3 (tiga) pembicara, yaitu Prof. Dr. Ishomudin selaku dosen UMM dan pemegang rekor MURI dengan total 100 HKI, Rochmali Zultan, S.H., M.H. yang berprofesi sebagai pengacara dan konsultan kekayaan intelektual di Tilleke & Gibbins Law Firm, dan Rakhmita Desmayanti, S.H., M.H. selaku konsultan kekayaan intelektual di SIP Law Firm. Selanjutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi awarding Juara pertama dari cabang lomba Legal Opinion adalah Tim LO18 yang berasal dari Universitas Padjajaran yang diwakili oleh Raden Daffa Muhammad Earlyansyah, Darian Amarta, Maichle Delpiero. Juara kedua dimenangkan oleh Tim LO03 yang berasal dari Universitas Jember yang diwakili oleh Muhammad Ghifari Fardhana Bahar. Juara ketiga dimenangkan oleh Universitas Indonesia atas nama Whitney Louise Alianto, lyolla, dan Muhammad Fardy Laksana. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan awarding untuk cabang kompetisi Legal Review dengan Juara Pertama dimenangkan oleh Universitas Indonesia yang diwakili oleh Amaraduhita Laksmi Prabhaswari dan Celia Vanessa Hakim; Juara Kedua berasal dari Universitas Diponegoro oleh Annisa Permata Sari Harahap, Mochammad Alfayyadh, dan Callista Putri Bourdeau; dan Juara Ketiga dimenangkan oleh Universitas Padjajaran oleh Dona Regina Napitupulu, Jesslyn Deriandy, dan Clara Amanda Musu. Demikianlah seluruh rangkaian acara ALSA Legal Writing Competition 2022 telah berakhir. Besar harapan kami ALSA LWC 2022 ini dapat menjadi sebuah wadah bagi para mahasiswa hukum seluruh Indonesia untuk dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dalam pertimbangan hukum, melatih kemampuan legal writing yang esensial dalam dunia legal, serta menumbuhkan semangat kompetitif dalam generasi muda untuk saling berkompetisi untuk mengeluarkan karya terbaik masing-masing peserta.



Recent Posts