top of page

ALSA Legal Writing Competition 2023

“Menavigasi Penegakan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi: Financial Technology dan Pelindungan Konsumen E-Commerce



ALSA Legal Writing Competition 2023 merupakan kompetisi kepenulisan hukum yang berada di bawah ampuan Divisi Law Development sebagai bentuk inovasi untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa/i hukum dalam mengikuti kompetisi di bidang kepenulisan terkait isu hukum terkini melalui tema yang diangkat. Terdapat 2 (dua) kategori kompetisi kepenulisan hukum yang dilombakan, yaitu Kompetisi Legal Opinion dan Kompetisi Legal Review. Cabang Kompetisi Legal Opinion diikuti oleh 24 (dua puluh empat) delegasi dan cabang Kompetisi Legal Review diikuti oleh 9 (sembilan) delegasi dari mahasiswa/i Fakultas Hukum di Indonesia. Sebagai akhir dari rangkaian acara ALSA Legal Writing Competition 2023, babak final kedua kompetisi dilaksanakan pada tanggal 4 November 2023 melalui Zoom Cloud Meetings dengan menyisakan 5 (lima) delegasi untuk tiap cabang kompetisi. Finalis Kompetisi Legal Opinion terdiri dari delegasi dengan nama tim LO01, LO03, LO16, LO17, dan LO19. Finalis Kompetisi Legal Review terdiri dari delegasi dengan nama tim LR01, LR02, LR05, LR06, dan LR08.


Setelah babak final, acara ALSA Legal Writing Competition 2023 dilanjutkan dengan acara Closing Ceremony dan Talk Show pada tanggal 5 November 2023 secara hybrid di Auditorium Gedung B Fakultas Hukum UGM, Zoom Cloud Meetings, dan Live Streaming YouTube ALSA LC UGM. Agenda Talk Show dihadiri oleh 2 (dua) pembicara dengan pembicara pertama, yaitu Dr. Reni Budi Setianingrum, S.H., M.Kn. selaku Dosen Departemen Hukum Bisnis UMY dan pembicara kedua, yaitu A. Kasyiful Ulum selaku Founder of Indonesian Law Career Network yang dihadiri oleh 52 (lima puluh dua) peserta secara daring dan 70 (tujuh puluh) peserta secara luring. Melalui agenda Talk Show tersebut, dapat disimpulkan, bahwa eksistensi Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi dianggap penting untuk melindungi privasi data pengguna e-commerce dengan melihat berbagai tantangan pada dunia bisnis digital yang mengancam keamanan data.

Agenda terakhir dari rangkaian ALSA Legal Writing Competition 2023, yaitu Closing Ceremony berupa pengumuman juara bagi para finalis. Untuk kategori Kompetisi Legal Opinion, Juara 1 diraih oleh tim LO01, Juara 2 diraih oleh tim LO16, dan Juara 3 diraih oleh tim LO03. Untuk kategori Kompetisi Legal Review, Juara 1 diraih oleh LR06, Juara 2 diraih oleh tim LR05, dan Juara 3 diraih oleh tim LR02.

תגובות


Recent Posts
Archive
bottom of page