LEGAL CLASS VER. 1 ALSA LC UGM 2021 “Workshop Legal Opinion Drafting”

ALSA LC UGM mengadakan kegiatan Legal Class Ver. 1 pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 melalui Zoom Cloud Meetings sebagai fungsi dari divisi Law Development. Acara yang mengangkat tema “Workshop Legal Opinion Drafting” ini diikuti oleh 63 (enam puluh tiga) peserta yang terdiri dari mahasiswa/i Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.


Acara dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Jeremy Abraham Guntur selaku Vice Director Academic Development ALSA LC UGM dan Helena Leonora Sasongko selaku Ketua Pelaksana. Selanjutnya adalah sesi pemaparan materi oleh pembicara, yaitu Rizky Rachmadina Wawanda, S.H. yang merupakan associate pada Hendra Soenardi Law Firm. Dalam sesi ini, beliau menjelaskan mengenai teknik penyusunan legal opinion yang meliputi cara melakukan riset, membuat struktur penulisan, dan menyusun analisis. Setelah pemaparan materi, terdapat sesi tanya jawab yang bertujuan agar peserta dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Selanjutnya, peserta diberikan waktu 30 (tiga puluh) menit untuk menyusun legal opinion dengan tema tertentu, hasil penulisan tersebut kemudian dikumpulkan agar dapat dievaluasi oleh pembicara. Setelah melakukan evaluasi, pembicara memberikan ulasannya terhadap hasil penulisan peserta dan memperlihatkan contoh legal opinion yang memenuhi ketentuan sehingga peserta dapat mengetahui cara menulis legal opinion yang baik. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kedua dan diikuti dengan kesimpulan oleh moderator. Terakhir, acara ditutup dengan pemberian sertifikat kepada pembicara dan moderator, serta sesi foto bersama.


Dengan diselenggarakannya acara ini, peserta dapat lebih memahami teknik penulisan legal opinion sebagai salah satu keterampilan yang penting dimiliki oleh mahasiswa fakultas hukum.




Recent Posts