National Video Conference (Natvidcon) 2021 ALSA LC UGM “The Future of Environmental Law: Challenges





Pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2021, ALSA LC UGM menyelenggarakan acara tahunannya, yakni National Video Conference (Natvidcon) 2021 ALSA LC UGM dengan mengusung tema besar “The Future of Environmental Law: Challenges and Opportunities to Promote Environmental Sustainability”.


Agenda hari pertama merupakan seminar yang dihadiri sebanyak 281 peserta dan mengundang pembicara berkompeten di bidang lingkungan hidup, yakni Ibu Anggi Pertiwi Putri, S.T., Perencana pada Direktorat Lingkungan Hidup BAPPENAS; Bapak Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M., CEO Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI); dan Bapak Raynaldo G. Sembiring, S.H., Direktur Eksekutif Indonesian Centre for Environmental Law (ICEL). Pada hari pertama juga terdapat opening remarks yang disampaikan oleh Ibu Rosa Vivien Ratnawati, S.H., M.SD., selaku Direktur Jenderal PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Agenda hari kedua merupakan konferensi yang dihadiri Local Chapter ALSA Indonesia, mahasiswa Fakultas Hukum se-Indonesia, serta penanggap yang berlatar belakang hukum lingkungan, yakni Bapak Dr. Totok Dwi Diantoro, S.H., M.A., LL.M., Bapak Dr. Wahyu Yun Santoso, S.H., M.Hum., LL.M., dan Bapak Fajri Fadhillah, S.H. Ketiga penanggap memberikan tanggapan dan menilai paper serta presentasi para delegasi. Sebagai keterangan, sebelas tim delegasi telah mempersiapkan paper sejak sebulan sebelum acara dengan mengikuti tahap seleksi abstrak.

Agenda seminar yang dihadiri masyarakat umum diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pentingnya lingkungan berkelanjutan. Natvidcon juga berupaya untuk menginisiasi lahirnya ide-ide dari paper delegasi konferensi yang dapat diterapkan dalam hukum lingkungan.

Recent Posts