National Video Conference (Natvidcon) 2022 ALSA LC UGM“Legal Protection for Refugees of War and Int





Pada tanggal 6, 13, dan 14 Agustus 2022, ALSA LC UGM kembali menyelenggarakan acara tahunannya, yakni National Video Conference (Natvidcon) 2022 ALSA LC UGM dengan mengusung tema besar “Legal Protection for Refugees of War and International Crime”.

Agenda hari pertama merupakan seminar yang dihadiri sebanyak 65 (enam puluh lima) peserta dan mengundang pembicara berkompeten di bidang lingkungan hidup, yakni Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani & Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia; Angga Reynadi Hermawan Putra selaku Perwakilan dari SUAKA, dan Drs. Wajid Fauzi selaku Duta Besar RI untuk Republik Arab Suriah. Pada hari pertama juga terdapat sambutan yang disampaikan oleh Tanisha Zharfa Maharani selaku Presiden ALSA Indonesia.

Agenda hari kedua merupakan konferensi yang dihadiri Local Chapter ALSA Indonesia, mahasiswa Fakultas Hukum se-Indonesia, serta penanggap yang berlatar belakang Hukum Internasional, yakni Haekal Al Asyari, S.H., LL.M., Chloryne Trie Isana Dewi, S.H., LL.M., dan Heru Susetyo, S.H., LL.M., M.Si., Ph.D. Ketiga penanggap memberikan tanggapan dan menilai paper serta presentasi para delegasi yang telah lolos tahap seleksi sebelumnya.


Agenda seminar yang dihadiri masyarakat umum diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terkait isu global yang telah dibicarakan pada kegiatan tersebut. Natvidcon juga berupaya untuk menginisiasi lahirnya ide-ide dari paper delegasi konferensi yang dapat diterapkan dalam Hukum Internasional.