PRA-MUSYAWARAH NASIONAL & ALSA LEADERSHIP TRAINING (PALT) XXIX“Mun Teu Ngoprék Moal Nyapék, Mun T



Pra-Musyawarah Nasional & ALSA Leadership Training (PALT) XXIX merupakan salah satu acara nasional tahunan ALSA Indonesia yang terdiri dari dua rangkaian agenda, yaitu Pra-Musyawarah Nasional (Pramunas) dan ALSA Leadership Training (ALT). Tuan rumah dari PALT XXIX yaitu Universitas Padjadjaran yang mengusung tema “Mun Teu Ngoprék Moal Nyapék, Mun Teu Ngakal Moal Ngakeul, Mun Teu Ngarah Moal Ngarihatau berarti “Bila kita tidak mau berpikir, berjuang, dan berinovasi maka kita tidak akan meraih apapun”. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober – 16 Oktober 2022 secara hybrid, yaitu Pramunas dilaksanakan secara luring (di Universitas Padjadjaran, Bandung) dan ALT dilaksanakan secara daring (via Zoom Cloud Meetings). Seluruh Local Chapter di Indonesia mengirimkan 15 delegasi dengan rincian 3 delegasi untuk Pramunas dan 12 delegasi untuk ALT.

Hari pertama PALT XXIX dibuka dengan opening ceremony dan dilanjutkan dengan Seminar Nasional yang bertemakan “Dilematika dan Solusi Hukum Ketenagakerjaan terhadap PHK Massal oleh Perusahaan Startup”. Seminar Nasional diisi oleh tiga pembicara, yaitu Prof. A. Uwiyono (Guru Besar Hukum Ketenagakerjaan FH UI), Agatha Widianawati, S.H., M.H. (Setditjen PHI dan Jamsos, Kementerian Ketenagakerjaan), dan Theodore Manurung, S.H. (Advokat dan Managing Partner TM&P Law Office). Selain itu, hari pertama PALT XXIX ini juga sekaligus menjadi awal dari dilaksanakannya agenda Pramunas. Berlanjut ke hari kedua, pada agenda Pramunas, para delegasi Pramunas akan melaksanakan sebuah forum yang berisi penyampaian laporan pertanggungjawaban dari jajaran National Board selama setengah tahun masa menjabat, serta pembahasan agenda Seminar & Musyawarah Nasional mendatang. Sedangkan, pada agenda ALT, para delegasi ALT akan mengikuti ALSA Leadership Talkshow yang diisi oleh tiga pembicara, yaitu Bagir B. Bahana (Diplomat Kedutaan Besar Republik Indonesia), Bagus Wicaksono Ruswandi (Co-Founder Runcing Foundation, Praktisi Hukum Odell Girton Siegel, LLC), dan Joseph Hendrik (Associate at SSEK Legal Consultants). Setelah itu, para delegasi akan berdiskusi bersama chamber yang telah dibagi sebelum acara dimulai untuk mempresentasikan hasil diskusinya pada Group Presentation. Terakhir, ALT ditutup dengan agenda Division Sharing, dimana para delegasi memaparkan program kerja dan fungsi dari berbagai divisi yang ada dari setiap Local Chapter.

PALT XXIX ditutup pada hari ketiga yang berisi penayangan video persembahan dari seluruh Local Chapter, sesi Awarding, penyerahan plakat, dan sesi foto bersama. Pada sesi Awarding, beberapa delegasi dari ALSA LC UGM mendapatkan penghargaan, seperti Rr. Kunti Dewi Adriane K.W. (External Affairs, 2020) sebagai Best Speaker dan kelompok dari Muhammad Fahrezi Ranindyasa (Internal Affairs, 2021) sebagai Best Chamber A. PALT XXIX membawa manfaat yang banyak bagi para delegasi. Tak hanya memperluas relasi, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya dalam forum dan diskusi. Selain itu, materi dari Seminar Nasional dan ALSA Leadership Talkshow yang implementatif juga dapat diterapkan oleh para delegasi ke dalam kehidupan sehari-hari.